Tags:

Disinfeksi Ruangan yang Dipakai Orang Positif Covid-19? Ini Panduannya!

Saat ini, penularan Covid-19 sedang tinggi-tingginya. Banyak orang di sekitar kita tiba-tiba memberi kabar dirinya positif Covid-19.

Lalu, lantaran rumah sakit penuh, tak sedikit yang harus menjalani isolasi mandiri di rumah.

Lantas, bagaimana cara mensterilkan ruangan yang pernah dipakai pasien Covid-19 agar bisa kembali digunakan bersama?

Pastikan ventilasi bagus dan tunggu selama mungkin

Peneliti menyarankan kamu menunggu selama mungkin untuk menghindari kemungkinan virus masih melayang di udara. 

Di atas kertas, hasil riset menunjukkan, risiko penularan dalam ruangan yang pernah ditempati pasien Covid-19 bisa berkurang dalam 24 jam. 

Supaya lebih aman, jangan lupa tetap pakai masker, ya.

Semprot disinfektan

Idealnya, ruangan tersebut harus disemprot disinfektan. 

Sebab, durasi virus bertahan hidup tergantung dari banyak faktor, mulai dari jumlah virus dan percikan yang tersebar di ruangan itu hingga jenis permukaan benda, suhu, dan kelembapan udara.

Sebaiknya panggil petugas yang telah terbiasa menyemprot disinfektan untuk mensterilkan ruangan, minimum 1x24 jam sebelum ruangan kembali dipakai.

Soalnya, penyemprotan disinfektan besar-besaran atau pengembunan tidak aman dan juga tidak efektif jika tak dilakukan pada sasaran yang tepat. Sejak pandemi melanda, laporan sakit dan keracunan gara-gara salah menggunakan pembersih dan disinfektan semakin banyak.

Bersihkan benda-benda

Menurut Kementerian Kesehatan RI, disinfeksi area juga harus diikuti dengan disinfeksi benda-benda di dalamnya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Gunakan APD, terutama masker dan sarung tangan sekali pakai.

  2. Bersihkan permukaan benda yang kotor dengan sabun sebelum disemprot disinfektan.

  3. Permukaan benda yang datar disemprot dengan sprayer.

  4. Permukaan benda yang miring (tidak datar) seperti tiang dibersihkan dengan lap/kain mikrofiber dan dibiarkan basah selama 10 menit. Lap bisa direndam ke air yang mengandung disinfektan atau disemprot dengan sprayer.

  5. Benda berpori seperti karpet, seprei, dan tirai, didisinfeksi dengan dicuci dengan direndam air hangat dan disinfektan/deterjen

  6. AC disterilkan dengan menyemprot disinfektan ke blower dan evaporator serta filter udara, lalu casing indoor-nya.

  7. Lepaskan APD dan buang sarung tangan. Setelahnya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand-sanitizer yang efektif membunuh virus SARS-CoV-2.

Apakah ada disinfektan yang murah sekaligus efektif?

Ada. Sejak dulu, disinfektan yang efektif dan efisien menggunakan bahan aktif HOCl alias Hypochlorous acid. Studi pada 2008 menyebutkan, semprotan HOCl dapat mensterilkan udara dari virus yang melayang, bahkan sekalipun ruangannya luas sekali.

Tak heran, riset yang dimuat di jurnal American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons menyatakan bahwa HOCl adalah disinfektan yang paling unggul. Selain efektif, disinfektan HOCl juga murah. 

Tak perlu khawatir soal keamanannya, karena HOCl merupakan senyawa natural yang bahkan juga diproduksi oleh sel darah putih kita sendiri. 

Jadi, disinfektan berbahan HOCl seperti merek ZEPA dipastikan aman untuk tubuh manusia. Apalagi disinfektan ZEPA sudah melalui serangkaian uji laboratorium dan diproduksi dengan teknologi Jepang.

Di mana saya bisa mendapatkan ZEPA? 

Kamu dapat membeli disinfektan ZEPA yang berbahan HOCL di www.tokopedia.com/zepaindonesia atau di www.shopee.co.id/zepa.id 

Jangan lupa, sebelum digunakan, baca petunjuk pemakaian di bagian belakang produk atau melalui website.

 

Referensi:

Appl Environ Microbiol. Effects of air temperature and relative humidity on coronavirus survival on surfaces. Diakses pada 2021

Centers for Diseases Control & Prevention. Science Brief: SARS-CoV-2 and Surface (Fomite) Transmission for Indoor Community Environments. Diakses pada 2021

Journal of Environmental Science and Health.  The influence of relative humidity and ground material on indoor walking-induced particle resuspension. Diakses pada 2021

Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020. Protokol Kesehatan Bagi Masyarakata di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Diakses pada 2021

World Health Organization. Transmission of SARS-CoV-2: implications for infection prevention precautions. Diakses pada 2021

American Association of Oral and Maxillofacial Surgeons. Hypochlorous acid: a review. Diakses pada 2021.

 

Product Recommendations